Buku Tulis Marchella

Catatan keseharianku

Terobosan Pembelajaran Pancasila

Menteri Pendidikan serta Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dengan sah meluncurkan alat evaluasi Penguatan Implementasi Nilai-nilai Pancasila, Kamis (29/11/2018), di Kota Malang, Jawa Timur. Produksi video ini dikerjakan Pusat Peningkatan serta Pemberdayaan Pendidik serta Tenaga Kependidikan Kewarganegaraan serta Pengetahuan Pengetahuan Sosial (P4TK PKn serta IPS). Untuk step pertama di produksi lima judul film, yaitu 1. Sebab Nada, 2. Emak, 3. Surprise untuk Eli, 4. Cuma Rumor, serta 5. Ironi Keadilan. “Saya memberi animo dari kapasitas P4TK PKn serta IPS dan UPT yang lain yang sudah ambil langkah kreatif menghasilkan video menjadi alat evaluasi penguatan implementasi nilai-nilai Pancasila," tutur Mendikbud seperti dikutip dari launching alat yang di terima Kompas.com. 5 judul sesuai dengan nilai Pancasila Mendikbud mengharap evaluasi nilai Pancasila lewat alat video ini bisa menolong serta tingkatkan peranan guru dalam memberikan nilai-nilai Pancasila pada siswa.

SMK Ke lima judul film yang di produksi itu mempunyai peranan semasing dalam memberikan nilai-nilai Pancasila. Film berjudul “Karena Suara” memberikan nilai Pancasila Sila ke-1. Sedang judul film “Emak” memberikan nilai Pancasila Sila ke-2. Setelah itu untuk judul film “Kejutan untuk Eli” memberikan nilai Pancasila Sila ke-3. Untuk judul film “Hanya Isu” memberikan nilai Pancasila Sila ke-4, serta judul film “Ironi Keadilan” memberikan nilai Pancasila Sila ke-5. “Produksi alat evaluasi ini adalah sisi yang tidak terpisahkan dalam menggerakkan motivasi belajar, memperjelas, serta memudahkan ide yang abstrak, serta mempertinggi daya serap belajar. Nilai-nilai Pancasila bisa lebih gampang dikatakan lewat video evaluasi,” papar Mendikbud.

Video evaluasi ini adalah salah satunya peran Kemendikbud dalam memberi dukungan program-program Tubuh Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Pendidikan ciri-ciri serta penguatan ideologi “Ini jadi langkah awal dengan menghasilkan lima judul. Kedepan saya mengharap dapat di kembangkan semakin banyak kembali, serta sama dengan butir-butir Pancasila,” kata Mendikbud. Mendikbud mengharap Unit Pelaksana Tehnis (UPT) Kemendikbud bisa membuat inovasi-inovasi baru yang lain dalam aplikasi pendidikan ciri-ciri di sekolah, dan penguatan nilai-nilai Ideologi Pancasila. Setelah itu video evaluasi ini bisa selekasnya diperlengkapi dengan piranti pembelajarannya serta bisa selekasnya didistribusikan ke semua guru mata pelajaran PPKn. “Semoga karya video evaluasi ini berguna dalam rencana pandangan serta pendalaman nilai-nilai Ideologi Pancasila buat bangsa Indonesia, terutamanya buat peserta didik kita,” pungkas Mendikbud.

  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Terobosan Pembelajaran Pancasila
      Komentar(0)