Buku Tulis Marchella

Catatan keseharianku

Cerita Rakyat Pendek, Ada Beberapa Pesan Moralnya

Jaman kanak-kanak yaitu jaman emas di mana beragam nilai yang ditanamkan dapat menempel sampai anak jadi dewasa.

Tetapi, bagaimanakah caranya memberikan pesan kepribadian melalui cara yang menyenangkan serta simpel dimengerti oleh anak?

Terdapat banyak metode memperkenalkan nilai kepribadian pada anak, salah satunya triknya yaitu dengan berkisah narasi rakyat pendek terhadap anak.

Waktu saat tidur atau masa-masa quality time berbarengan keluarga dapat jadi pilihan yang pas untuk bercerita terhadap anak.

Narasi rakyat pendek bisa pula menopang anak meningkatkan imajinasi, sebab sejumlah besar narasi rakyat Indonesia mempunyai typical narasi fantasi.

Disamping itu, bercerita kejadian rakyat terhadap anak dengan cara langsung adalah aktivitas menyambung adat dari generasi ke generasi.

Nah, buat Anda yang udah jadi orang-tua serta bingung ingin bercerita narasi rakyat yang manakah terhadap anak Anda, dibawah ini yaitu beberapa rujukan narasi anak yang dapat Anda pilih.

Bagaimana Triknya Menyekolahkan Anak dari TK hingga sampai Sarjana, Tiada Utang!
Silahkan ambil ebook-nya, GRATIS! ! !

Sangkuriang atau Legenda Tangkuban Perahu
Narasi Legenda Tangkuban Perahu atau yang lebih diketahui menjadi narasi Sangkuriang yaitu salah satunya narasi rakyat disukai banyak orang yang dapat Anda katakan pada anak Anda.

Narasi ini bercerita terkait Dayang Sumbi yang mempunyai anak bernama Sangkuriang. Sebab terpisah lama, Sangkuriang lupa dengan pribadi ibunya serta bertahan untuk menikah dengan Dayang Sumbi yang kelihatan muda.

Dayang Sumbi lantas memberikan kendala pada Sangkuriang untuk menikahinya, yakni dengan membuat sesuatu perahu serta mesti usai dalam saat satu malam saja.

728x90 kalkulasi saat ini Tulis Keuangan

Kendala itu hampir sukses dituntaskan Sangkuriang. Dayang Sumbi lantas jadi cemas jika Sangkuriang bakal sukses menuntaskan rintangannya.

Pada akhirnya Dayang Sumbi minta pemberian penduduk untuk menumbuk padi serta sebabkan ayam berkokok, biar Sangkuriang tertipu serta menduga jika hari udah pagi hingga dia tidak sukses menuntaskan perahunya pada suatu malam.

Sangkuriang lantas emosi serta menendang perahu yang ia bikin sampai terbalik.

Iklan Spanduk Rencana Dana Beli Rumah - 728x90

Perahu tersebutlah yang saat ini diyakini menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

Kejadian yang datang dari Jawa Barat ini membimbing anak tidak untuk memaksakan kehendak pada seorang lainnya. Ditambah lagi, sehabis masuk kehidupan bermasyarakat, tak segalanya dapat sama dengan impian kita seluruhnya.

Terkecuali itu, Anda bisa pula memberikan wawasan pada anak biar tak menentukan gegabah saat emosi.

Narasi Rakyat Pendek 02 Sangkuriang - Finansialku

Batu Menangis
Narasi rakyat pendek Batu Menangis ini pun seringkali diketahui menjadi Malin Kundang. Hampir kebanyakan orang tahu narasi yang datang dari Sumatera Barat ini.

Narasi ini berkisah terkait seseorang anak yang seringkali digendong oleh ibunya mulai sejak kecil. Sehabis bergerak besar, Malin minta izin terhadap ibunya untuk merantau serta mencari keberhasilan.

Iklan Spanduk Rencana Dana Berlibur - 728x90

Sayangnya sehabis sukses serta kembali lagi kampung halamannya, Malin justru tak mau mengaku ibunya. Ibu Malin yang emosi pada akhirnya mengutuk Malin jadi batu. Beritanya, Malin yang udah berubah jadi batu menyesal serta selalu menangis hingga batu itu diberi nama menjadi Batu Menangis.

Lewat narasi ini, orang-tua bisa membimbing anak biar menghargai orang-tua. Sebab pada intinya tiap-tiap orang-tua tentu ingin memberi yang terpilih buat anak-anaknya.

Narasi Rakyat Pendek 03 Malin Kundang - Finansialku

Cindelaras
Narasi rakyat pendek lalu kejadian Cindelaras yang datang dari Jawa Timur. Narasi ini berkisah terkait seseorang ratu yang difitnah oleh selir rajanya.

Raja yang langsung yakin pada fitnah itu memerintah pengawalnya untuk membawa ratu ke rimba serta membunuhnya.

Namun pengawal itu cuma tinggalkan ratu yang hamil di rimba serta bikin kematian palsu dengan darah kelinci.

Setahun lebih lalu, anak ratu yang dinamakan Cindelaras temukan suatu telur serta merawatnya sampai menetas jadi ayam. Ayam ini nyata-nyatanya yaitu ayam yang kuat serta dapat bicara.

728x90 kalkulasi saat ini - anak
Kebolehan ayam ini terdengar hingga sampai ke raja, serta raja pada akhirnya ingin menguji kebolehan ayam Cindelaras dengan ayamnya.

Sehabis beradu ayam berlangsung, ayam Cindelaraslah sebagai pemenangnya serta ayam itu bicara terkait kebenaran pada Cindelaras serta sang raja.

Memahami hal semacam itu, sang Raja memohon maaf serta ajak Cindelaras dan ratu kembali pulang.

Kejadian ini menopang orang-tua menancapkan nilai kepribadian terhadap anak untuk selalu meyakinkan berita yang dia dengar. Janganlah simpel yakin dengan omongan orang tiada meyakinkan kebenarannya terlebih dahulu.

Keong Mas
Keong mas yaitu narasi rakyat yang cukuplah kondang serta banyak di ceritakan dari kian waktu. Kejadian yang datang dari Jawa Timur ini begitu pas untuk Anda katakan pada anak sebelum anak tidur.

Narasi Keong Mas bercerita terkait seseorang putri bernama Candra Kirana yang disihir jadi keong oleh saudaranya yang iri. Sihir itu dapat hilang apabila Candra Kirana sukses berjumpa dengan cinta sebenarnya.

Sehabis melalui beragam soal, pada akhirnya Candra Kirana dapat berjumpa dengan Pangeran yang mencarinya.

Kejadian Keong Mas ini memberi pesan pada anak biar tak simpel terasa iri dengan orang yang lain.

Sebab perasaan iri kerapkali tidak cuma merugikan orang yang lain, namun ikut diri pribadi. Serta kelanjutannnya tak memberi apa-apa terkecuali perasaan jengkel serta kerugian.

Anda bisa pula membimbing anak Anda untuk mensyukuri apakah yang dipunyai sembari konsisten berupaya optimal untuk suatu hal yang mereka mau, seperti pangeran yang tak penat mencari Candra Kirana.

Narasi Rakyat Pendek 05 Keong Emas - Finansialku

Ande-Ande Lumut
Narasi paling akhir yang bisa Anda katakan pada anak yaitu Kejadian Ande-Ande Lumut. Kejadian yang berlatar belakang kerajaan ini pun mempunyai nuansa yang sama seperti narasi Keong Mas.

Raden Panji dari Istana Jenggala memiliki rencana menikah dengan Dewi Sekartaji dari Kerajaan Kediri untuk jadikan satu dua kerajaan.

Tetapi tekad itu ditentang oleh ibu tiri Sekartaji sebab ingin Intan Sari, anaknya, sebagai istri Raden Panji.

Untuk menjalankan tujuannya, Dewi Sekartaji diculik serta disekap. Tetapi dia sukses kabur serta menyamar jadi Klenting Kuning serta tinggal berbarengan keluarga barunya, Klenting Merah, Klenting Biru, serta Klenting Ijo.

Sampai pada satu hari, terdengar berita jika ada pemuda tampan bernama Ande-Ande Lumut yang tengah mencari istri.

Tiga saudara yang lain pergi untuk menjumpai Ande-Ande Lumut terlebih dahulu sebab Klenting Kuning mesti menuntaskan tugasnya sebelum pergi.

Tetapi, untuk hingga sampai ke tempat Ande-Ande Lumut, mereka mesti melintasi suatu sungai. Untuk melintas, mereka mesti menumpang Yuyu Kangkang dengan bayaran menciumnya.

Mereka bertiga terpaksa sekali ikuti ketentuan itu. Tetapi, sesampainya dalam rumah Ande-Ande Lumut, mereka tidak diterima sebab sudah di cium oleh Yuyu Kangkang.

Klenting Kuning yang menyusul ikut melalui sungai yang sama. Tetapi demikian hingga sampai, dia mengulaskan kotoran ayam serta bikin Yuyu Kangkang biarkan demikian saja.

Sesampainya dari sana, Klenting Kuning serta Ande-Ande Lumut sama sama memahami jika mereka yaitu Dewi Sekartaji serta Raden Panji.

Dari narasi ini, Anda bisa membimbing anak Anda beragam soal. Dimulai dengan tak bisa simpel iri, gigih berupaya, tanggung jawab, serta pandai dalam mengontrol prinsip yang mereka pegang.

Seperti metode Klenting Kuning menampik mencium Yuyu Kangkang.

Narasi Rakyat Pendek 06 Ande Ande Lumut - Finansialku

Berikan Nilai Kepribadian Pada Anak
Itu lima narasi rakyat pendek yang dapat Anda buatlah ide untuk menancapkan nilai-nilai kepribadian pada anak Anda.

Tularkan anak selalu untuk jadi orang yang baik tiada tekad jahat, gigih dalam berupaya serta senantiasa memikul tanggung jawab.

Narasi rakyat mana yang Anda pilih untuk di ajarkan pada anak Anda? Tulis pertanyaan serta respon Anda pada kotak kometar dibawah.

Perlu diingat ikut untuk berbagi artikel ini terhadap orang yang lain di kira-kira Anda ya, terima kasih.

  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Cerita Rakyat Pendek, Ada Beberapa Pesan Moralnya
      Komentar(0)