Buku Tulis Marchella

Catatan keseharianku

Aplikasi Baru Yang Matata Luncurkan, Bantu Belajar IPA 3 SD

Perusahaan teknologi asal Indonesia, Matata Corporation, meluncurkan aplikasi terbaru bernama Bantu Belajar IPA 3. Aplikasi tersebut merupakan yang pertama diluncurkan dari seri Bantu Belajar yang bertujuan untuk membantu belajar siswa Sekolah Dasar (SD).

"Setelah satu tahun menggodok, kita bikin ini berdasarkan buku kelas 3 SD, kita lihat isi bukunya dan membagi subyeknya apa saja. Lalu kita pelajari dan aplikasikan dalam beberapa game yang berbeda, setelah itu melalui beberapa riset akhirnya jadilah Bantu Belajar IPA 3," ujar Co-Founder dan CEO Matata Corporation Irna Rasad, di Three Folks Coffee, Cilandak Tengah, Jakarta Selatan, 20 September 2018.

Aplikasi ini dirancang untuk membantu anak-anak sekolah memahami subyek yang mereka pelajari melalui permainan dan kegiatan yang menyenangkan. Permainan dibuat mengikuti kurikulum nasional Indonesia dan menggunakan buku cetak yang dipakai di sekolah sebagai panduan.

Ide awal dibuatnya aplikasi tersebut adalah masalah belajar yang membosankan. Di lapangan, kata Irna, banyak guru yang mengajar hanya dengan meminta baca halaman sekian lalu minggu depan ulangan. Hal itu, menurutnya, tidak membuat siswa paham tentang apa yang dipelajarinya.

"Untuk merancang itu, kita bekerja sama dengan Yayasan Matahati Kita Indonesia sebagai lembaga yang dekat dengan dunia pendidikan. Bantu Belajar baru saja dirilis di AppStore dan Play Store, bisa diunduh oleh siapa pun, sekarang tugas kita tinggal melakukan komunikasi dengan sekolah-sekolah," kata Irna.

Aplikasi ini tersedia baik untuk iOS maupun Android, bisa diunduh secara gratis untuk bab pertama. Setelah itu, untuk mendapatkan bab-bab selanjutnya pengguna dibebani biaya sebesar Rp 29 ribu per bab. Saat ini, aplikasi baru tersedia untuk mata pelajaran IPS kelas 3 SD, dan selanjutnya akan dibuat untuk pelajaran Matematika dan Sejarah.

"Aplikasi Bantu Belajar lainnya sedang dalam proses produksi. Selain IPA, ada Matematika dan Sejarah, semuanya untuk kelas 3, 4, 5 dan 6 tingkat SD," tambah Irna. "Gambarannya, jadi kita bicara makhluk hidup, apa saja yang dilakukan untuk hidup. Ada lagi beberapa game, misalnya hidden object di mana dia memisahkan sampah organik dan nonorganik game playnya seperti main basket."

  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Aplikasi Baru Yang Matata Luncurkan, Bantu Belajar IPA 3 SD
      Komentar(0)