Buku Tulis Marchella

Catatan keseharianku

Meluapnya Sungai Di Brebes Sebabkan Ratusan Rumah Terendam Banjir

Dua sungai di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, meluap gara-gara hujan lebat pada Senin malam. Beberapa ratus rumah di lebih kurang daerah saluran sungai itu terendam banjir. Genangan air di pemukimaan capai 50 sampai 150 cm.

Dua sungai yg meluap masing masing Pemali serta Cisanggarung. Ke dua sungai ini meluap serta airnya masuk ke perkampungan mulai Senin malam waktu 23. 00 WIB.

Luapan sungai Pemali ini menggenangi beberapa desa di Kecamatan Jatibarang ialah Kebogadung, Buaran, Bojong serta Kedungtukang. Di ke 4 desa ini beberapa ratus rumah terendam air pada 50 cm hingga 150 cm.

" Air mulai masuk kampung Senin malam serta lebih kurang waktu 23. 00 udah masuk ke rumah rumah, " kata Widodo (59) penduduk Desa Bojong Jatibarang, Selasa (20/2/2018) siang.


Baca Juga : teks ulasan film pendek


Plt Camat Jatibarang, Subagiyo, merinci di Desa Buaran ada 50 rumah yg terdampak banjir, Kedungtukang 15 rumah, Bojong 185 rumah serta Kebogadung 500 rumah.

" Banjir di Buaran ini lantaran limpasan dari Sungai Pemali ke Kali Gondang. Dari Kali Gondang limpas ke Buaran serta ketujuan Kedungtukang. Bila di Desa Kebogadung, limpasan Sungai Pemali langsung masuk ke perkampungan penduduk lantaran jaraknya relatif dekat lebih kurang 500 mtr., " kata Subagiyo.

Permukaan Sungai Cisanggarung menyentuh rel KA (Poto : Imam Suripto/detikcom)

Tidak cuman rumah, banjir pula merendam lahan persawahan padi serta bawang merah di Kecamatan Jatibarang. Subagiyo memberi tambahan, penduduk yg tempat tinggalnya terendam sejumlah udah mengungsi ke tempat yg aman. " Ada yg ke masjid ada yg ke rumah saudara, " ujarnya.

Sesaat di Kecamatan Losari, Sungai Cisanggarung meluap serta menggenangi lima desa, masing masing Karangsambung, Bojongsari, Babakan, Kalibuntu, serta Pekauman. Beberapa ratus rumah di kecamatan ini pun terendam banjir.


Read More : pengertian teks eksplanasi


" Masing masing desa itu ada titik tanggul yg meluap pada Senin malam, " ujar Muhaemin, salah seseorang penduduk Losari.

Di selama daerah saluran sungai Cisanggarung, makin Muhaemin terdapat banyak tanggul yg kondisinya urgent. Setiap waktu dapat jebol apabila berlangsung penambahan permukaan air sungai.

Team peka darurat dari Pemkab Brebes serta PMI langsung mengalirkan pemberian. Bupati Brebes, Idza Priyanti, memohon buat lekas buka dapur umum serta mengevakuasi penduduk yg tetap teperdaya banjir.

" Dapur umum bakal dibuka di sekolah madrasah serta ini lekas mendatangi rumah rumah penduduk buat mengevakuasi penduduk yg tetap teperdaya dalam, " jelasnya.

  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Meluapnya Sungai Di Brebes Sebabkan Ratusan Rumah Terendam Banjir
      Komentar(0)