Buku Tulis Marchella

Catatan keseharianku

Permudah Speaking Peserta Didik melalui Lirik Lagu-lagu Inggris

BEBERAPA peserta didik di tingkatan SMA serta SMK akhir–akhir ini masih tetap terhalang berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Walau sebenarnya pelajaran ini sudah ada semenjak bangku SMP. Beberapa SD bahkan juga telah mengajari.

Itu dapat dimaklumi. Karena pengucapan bahasa Inggris serta bahasa Indonesia berlainan. Evaluasi bicara (speaking) bahasa Inggris di kelas mesti aktif serta komonikatif. Peserta didik dikasihkan peluang berkreativitas. Pun dikasihkan peluang mengemukakan ide dalam berkomunikasi. Ada empat ketrampilan di evaluasi bahasa Inggris di kelas. Yakni writing, speaking, listening, serta reading.

Evaluasi speaking termasuk juga segi ketrampilan. Untuk mengingat jika ketrampilan speaking peserta didik akan bertambah, bila mereka berperan serta aktif dalam proses belajar mengajar.

Sekarang ini banyak siswa lulusan Sekolah Menengah (SMA/SMK) belum mempunyai ketrampilan bicara berbahasa Inggris dengan baik. Ini jadi rintangan besar buat guru bahasa Inggris. Karena itu penulis akan memberi deskripsi bagaimana tingkatkan ketrampilan bicara (speaking) berbahasa Inggris pada peserta didik.

Untuk mengusahakan peserta didik mempunyai potensi bicara dalam bahasa Inggris tidak terlepas proses dari pembelajarannya. Belajar bahasa Inggris mempunyai empat ketrampilan. Yakni bicara, menulis, dengar serta membaca. Di kurikulum semua mata pelajaran di ajarkan dengan pendekatan saintifik dengan memakai 5 M. Memperhatikan, menanya, menghimpun info, menalar, serta mengkomunikasikan.

Di kurikulum 2013 edisi 2016 dari Pemerintah Indonesia ada satu Kompetensi Basic (KD) mengulas mengenai lagu. Bunyi KD itu diterangkan 3.9 Menerjemahkan manfaat sosial serta faktor kebahasaan lirik lagu berkaitan kehidupan remaja SMA/MA/SMK/ MAK. 4.9 Tangkap arti berkaitan manfaat sosial serta faktor kebahasaan dengan kontekstual lirik lagu berkaitan kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK.

Dengan begitu guru diinginkan dapat meyampaikan Kompetensi Basic itu dengan benar. Tujuannya guru memberi peluang seluas-luasnya pada peserta didik untuk mengapresiasi lagu–lagu berbahasa Inggris yang disenangi serta telah dihafal dengan baik oleh peserta didik. Sesudah peserta didik temukan serta mengingat dengan baik lagu itu, langkah seterusnya guru minta untuk memperhatikan. Menerjemahkan arti yang terdapat dalam lagu itu serta mengoordinasikan degan teman–temannya/membahas pesan kepribadian yang ada pada lagu itu.

Menjadi contoh syair lagu Good Bye. Dengan syair lagu dari Celine Dion diatas menjadi Guru dapat mengkreativitaskan dengan beberapa ketrampilan yang dapat diraih bukan sekedar speaking nya tetapi dapat diambil ketrampilan listening ataupun writing .

Untuk evaluasi ketrampilan speaking dari syair lagu diatas peserta didik diinginkan dapat bercerita (retelling) dengan kalimatnya sendiri berbahasa inggris mengenai pesan kepribadian dari lagu itu

Sedang untuk listeningnya, diperdengarkan lagu itu peserta didik di sediakan teks yang sudah dipenggal syairnya untuk kata, frase, atau kalimatnya peserta didik lengkapi kata, frase, atau kalimat yang terpenggal itu.

Serta untuk keterampillan menulis (writing)-nya peserta didik memparaprase atau menyadur berbentuk prosa dari syair lagu itu dengan potensi bahasa Inggris yang mereka punya.

Besar kami harap dengan dengarkan syair lagu berhasa Inggris peserta didik terpacu, di inspirasi serta suka pelajari bahasa Inggris. Sebab tiap-tiap orang pasti suka bernyanyi walaupun sebatas bersenandung serta kami meyakini peserta didik sempat bernyanyi.

  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Permudah Speaking Peserta Didik melalui Lirik Lagu-lagu Inggris
      Komentar(0)